a) Tujuan Survey
Tujuan dari Survey Perhitungan Lalu Lintas adalah untuk mengetahui besaran dan arus lalu lintas saat ini di wilayah studi dengan cara menghitung jumlah kendaraan berbagai jenis yang melewati suatu ruas jalan tertentu.

b) Metode Survey
Survey penghitungan lalu lintas dilaksanakan pada setiap pos survey yang telah ditentukan. Setiap kendaraan yang melintasi pos survey dicatat sesuai dengan jenis kendaraannya dan volume lalu lintas setiap jam dari masing-masing-masing jenis kendaraan tersebut dihitung.

Metode survey adalah dengan melakukan penghitungan volume lalu lintas kendaraan (cross-sectional vehicle traffic count) menurut jenis kendaraan yang dilaksanakan dengan menggunakan alat hitung manual terhadap kendaraan yang melewati titik observasi. Survey dilaksanakan selama 5 hari (dipilih yang mewakili hari kerja dan libur) untuk kedua jurusan; masing-masing selama 12 jam.

c) Peralatan Survey
• Form survey
• Alat-alat tulis
• Handboard
• Lampu
• Kamera
• Counter

d) Hari dan Durasi Survey
Untuk masing-masing lokasi, survey dilakukan selama 5 (lima) hari selama 12 jam yang dibagi dalam 2 shift survey, masing-masing 6 jam. Pembagiannya diatur sebagai berikut :
Shift ke 1 : Jam 06.00 sd 12.00
Shift ke 2 : Jam 14.00 sd 20.00

Survey dilaksanakan pada hari kerja dan hari libur.

e) Jenis Kendaraan
Jenis kendaraan yang di survey terbagi dalam 3 kelompok, yaitu kendaraan pribadi, kendaraan umum dan kendaraan angkutan barang. Terdapat 10 (sepuluh) jenis kendaraan yang harus dihitung yaitu :
1. Sepeda Motor
2. Mobil pribadi (sedan, van, jeep)
3. Bis kecil (angkot, angkutan perdesaan)
4. Bis sedang (metro mini, kopaja)
5. Bis besar
6. Pick-up
7. Truk ¾ ton 2 as
8. Truk sedang 2 as
9. Truk besar 3 as
10. Truk gandengan, Kontainer, trailer.

f) Lokasi Survey
Menyesuaikan dengan kebutuhan pemodelan lalu lintas, maka lokasi-lokasi survey traffic count pada umumnya ditempatkan pada lokasi-lokasi yang berpengaruh terhadap jumlah lalu lintas yang diperkirakan melewati ruas jalan tol. Disamping itu lokasi survey traffic count juga diletakkan pada screenline, sesuai dengan sistem zona lalu lintas yang dipergunakan.

g) Organisasi Tim Survey
Tim survey traffic counting untuk setiap shift akan terdiri atas 1 orang supervisor dan 4-6 orang surveyor tergantung besaran lalu lintas yang diamati. Tugas masing-masing personil adalah sebagai berikut :

• Supervisor, merupakan koordinator lapangan di setiap lokasi pos survey, membawahi semua surveyor pada posnya, diharapkan dapat mempersiapkan keperluan kelangsungan survey di lokasi, mengumpulkan dan merekapitulasi data hasil survey, mengatur kelancaran dan kesiapan pelaksanaan survey.
• Surveyor, merupakan pelaksana kegiatan di setiap lokasi pos survey, umumnya direkrut di lokasi pos survey setempat, bertugas mengumpulkan data/melaksanakan perhitungan lalu lintas sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan dan memberikan data hasil survey kepada supervisor.

Categories: Studi

Comments are closed.